Minggu, 10 November 2013

Makalah Alamiah Dasar Spektroskopi


MAKALAH ILMU ALAMIAH DASAR
SPEKTROSKOPI ( FISIKA RADIASI )















Di susun oleh :

Vina Rahmawianti
PROGRAM STUDY D-III KEPERAWATAN
POLITEKNIK KESEHATAN YAPKESBI SUKABUMI
2013

KATA PENGANTAR


Assalamualaikum Wr.wb

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini. Tak lupa pula shalawat serta salam marilah kita curahkan kepada nabi besar Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya.
Makalah ini berjudul “ Spektroskopi ( Fisika Radiasi )” Dimana makalah ini berisi tentang pengkajian yang mendalam mengenai Spektroskopi ( Fisika Radiasi ). Kami menyadari dalam penyusunan makalah ini masih banyak kekurangan, maka dari itu segala kritik dan saran sangat di nantikan guna perbaikan lebih lanjut. Mudah - mudahan makalah ini dapat bermanfaat bagi penyusun khususnya,serta bagi para pembaca umumnya.
Terimakasih.

Wassalamualaikum Wr.wb






Sukabumi,                     2013



Penyusun
















DAFTAR ISI
Kata Pengantar...................................................................................................................
i
Daftar Isi............................................................................................................................
ii


BAB I PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah......................................................................................
1
1.2  Rumusan Masalah................................................................................................
2
1.3  Tujuan..................................................................................................................
2


BAB II PEMBAHASAN

  Spektroskopi............................................................................................
3
  Macam -  Macam Spektroskopi..........................................................
4
  Jenis – Jenis Spektroskopi



BAB III PENUTUP

3.1  Kesimpulan..........................................................................................................
11
3.2  Kritik dan Saran...................................................................................................
11


DAFTAR PUSTAKA











BAB I
PENDAHULUAN

                Latar Belakang
Spektroskopi berkaitan dengan dispersi cahaya obyek ke dalam komponen warna (yaitu energi). Dengan melakukan ini diseksi dan analisis cahaya obyek, para astronom dapat menyimpulkan sifat - sifat fisik dari obyek yang (seperti suhu, luminositas massa, dan komposisi). Di seluruh dunia sekitar 5000 hasil penelitian yang memanfaatkan penggunaan
spektroskopi dipublikasikan tiap tahunnya, khususnya penggunaan sinkrotron sebagai sumber cahaya. Aplikasi - aplikasi meliputi atomis dan fisika molekul, ilmu fisika seikat, ilmu fisika permukaan, berhubungan dengan cairan, bahan magnet, bahan molekuler dan lainnya.
Dalam fisika, radiasi mendeskripsikan setiap proses di mana energi bergerak melalui media atau melalui ruang, dan akhirnya diserap oleh benda lain. Orang awam sering menghubungkan kata radiasi ionisasi (misalnya, sebagaimana terjadi pada senjata nuklir, reaktor nuklir, dan zat radioaktif), tetapi juga dapat merujuk kepada radiasi elektromagnetik (yaitu, gelombang radio, cahaya inframerah, cahaya tampak, sinar ultra violet, dan X-ray), radiasi akustik, atau untuk proses lain yang lebih jelas. Yang membuat radiasi adalah energi memancarkan (yaitu, bergerak ke luar dalam garis lurus ke segala arah) dari suatu sumber. geometri ini secara alami mengarah pada sistem pengukuran dan unit fisik yang sama berlaku untuk semua jenis radiasi.
Dengan demikian radiasi yang dihasilkan adalah kontinu, dan bukan pada energi tersembunyi garis emisi karena populasi elektron memiliki berbagai berkelanjutan energi, dan mereka dapat dipercepat melalui berbagai energi. Spektroskopi radiasi dipancarkan ketika elektron cepat berinteraksi dengan medan magnet. Sebuah medan magnet di daerah elektron bepergian dalam akan menyebabkan elektron untuk mengubah arah dengan mengerahkan kekuatan di atasnya tegak lurus dengan arah elektron bergerak. Akibatnya, elektron akan dipercepat, menyebabkan ia memancarkan energi elektromagnetik. Ini disebut bremsstrahlung magnetik atau sinkrotron radiasi (setelah radiasi diamati dari akselerator partikel dengan nama itu). Jika elektron dan medan magnet yang cukup energik, radiasi yang dipancarkan bisa dalam bentuk sinar-X.
         Rumusan Masalah
         Tujuan












BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Spektroskopi
Spektroskopi adalah adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang interaksi antara materi dengan radiasi elektromagnetik. Metode pengukuran yang didasarkan pada pengetahuan tentang spektroskopi disebut spektrometri. Jadi spektroskopi yaitu ilmu yang mempelajari materi dan atributnya berdasarkan cahaya, suara atau partikel yang dipancarkan, diserap atau dipantulkan oleh materi tersebut. Spektroskopi juga dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari interaksi analisis antara cahaya dan materi sebagai fungsi dari panjang gelombang. Sementara spektrum adalah warna - warna yang timbul ketika sebuah cahaya polikromatik dilalukan pada sebuah media pendispersi, misalnya prisma atau kisi difraksi. Dalam catatan sejarah, spektroskopi mengacu kepada cabang ilmu dimana "cahaya tampak" digunakan dalam teori - teori struktur materi serta analisa kualitatif dan kuantitatif. Dalam masa modern, definisi spektroskopi berkembang seiring teknik - teknik baru yang dikembangkan untuk memanfaatkan tidak hanya cahaya tampak, tetapi juga bentuk lain dari radiasi elektromagnetik dan non-elektromagnetik seperti gelombang mikro, gelombang radio, elektron, fonon, gelombang suara, sinar x dan lain sebagainya. Spektrum yang dihasilkan ketika sebuah cahaya putih ( polikromatik) diuraikan ke dalam komponen warnanya sangat bergantung kepada jenis sumber cahaya, maksudnya adalah apakah sumber cahaya tersebut benda padat ataukah gas, bila gas apakah gasnya tebal ataukah tipis dan panas ataukah dingin ? Berkenaan dengan hal di atas, terdapat dua macam tipe dasar spektrum, yaitu spektrum kontinu (meliputi energi pada seluruh panjang gelombang) dan spektrum diskret (meliputi energi hanya pada panjang gelombang tertentu).
         Spektrum Kontinu
Spektrum kontinyu muncul dari gas padat atau benda padat yang memancarkan panas mereka pergi melalui produksi cahaya. Objek seperti memancarkan cahaya atas berbagai panjang gelombang, sehingga spektrum jelas tampak halus dan kontinyu. Spektrum kontinu atau spektrum termal dihasilkan oleh sebarang benda padat, cair, ataupun gas (mampat; kerapatan tinggi) yang berada pada tenperatur di atas nol mutlak (0 K = -2730 C). Spektrum jenis ini adalah yang paling sederhana karena “bentuknya” hanya bergantung pada temperatur benda sumber. Contoh spektrum kontinu adalah pelangi. Spektrum kontinu sering disebut juga spektrum benda hitam(black body). Sebuah benda hitam adalah objek yang menyerap seluruh cahaya yang datang padanya sehingga benda ini terlihat hitam. Ketika sebuah benda hitam dipanaskan, benda akan mengemisikan cahaya secara efisien. Meskipun tidak ada objek yang berkelakuan sebagai benda hitam sempurna, bintang-bintang dan planet memiliki karakteristik yang cukup dekat dengan benda hitam, hal mana terlihat dari spektrum yang dihasilkan yang sangat mirip dengan spektrum benda hitam sempurna.
Spektrum benda dengan temperatur yang berbeda ditunjukkan dalam gambar di bawah ini. Dari gambar dapat dilihat bahwa untuk benda dengan temperatur yang lebih tinggi, luas daerah di bawah kurva pun bernilai lebih besar yang berarti bahwa terdapat lebih banyak energi yang dipancarkan pada seluruh panjang gelombang. Terlihat pula bahwa untuk temperatur yang lebih tinggi, puncak spektrum bergeser ke arah panjang gelombang yang lebih pendek mengikuti Hukum Wien yang ekspresi matematikanya. Beberapa fitur khas yang dimiliki spektrum kontinu adalah:
            Dihasilkan pada semua panjang gelombang oleh objek (padat, cair, maupun gas mampat) yang memiliki temperatur di atas nol mutlak.
            Bentuk spektrumnya hanya bergantung pada temperatur benda sumber,bukan pada komposisi kimiawinya.
            Benda dengan temperatur yang lebih tinggi (panas) akan menghasilkan cahaya yang lebih banyak pada seluruh panjang gelombang daripada benda yang lebih dingin.
            Untuk temperatur yang lebih tinggi, puncak spektrum bergeser ke arah panjang gelombang yang lebih pendek atau ke arah frekuensi tinggi.
            Perubahan kecil dalam temperatur akan menghasilkan perubahan besar dalam jumlah energi yang dipancarkan tiap satuan luas permukaan benda sumber.
         Spektrum diskret
Bila kita amati spektrum bintang ataupun planet dengan seksama, akan kita dapati spektrum kontinu diselang-seling dengan garis-garis gelap pada panjang gelombang tertentu, yang disebut sebagai garis-garis absorpsi. Di bintang, garis-garis gelap tersebut dibentuk oleh gas dingin renggang yang terdapat di lapisan atas. Gas dingin renggang (kerapatan rendah) menyerap energi pada panjang gelombang tertentu dari cahaya yang dihasilkan gas panas mampat di bawahnya. Sementara itu, di planet garis-garis absorpsi terbentuk karena pantulan sinar matahari diserap pada panjang gelombang tertentu oleh molekul-molekul gas yang ada di atmosfer planet. Berbeda dengan spektrum absorpsi, spektrum emisi dihasilkan oleh gas panas yang renggang. Contoh dari kedua spektrum diskret ini dihasilkan oleh gas hidrogen. Perhatikan, karena gasnya sama yaitu hidrogen, garis-garis absorpsi maupun emisi terletak di panjang gelombang yang sama. Terlihat bahwa spektrum dengan garis absorpsi terbentuk manakala temperatur gas renggang lebih rendah daripada temperatur sumber cahaya di latar belakang (gambar bawah-pertama). Berbeda dengan hal ini, spektrum dengan garis emisi terbentuk ketika gas renggang berpijar (gambar bawah-kedua). Pada kasus ini tidak diperlukan adanya sumber cahaya di latar belakang. Pada spektrum diskret, pola garis yang terbentuk bergantung pada komposisi kimiawi gas renggang. Masing-masing unsur kimia atau molekul memiliki pola garis yang khas, sehingga pola tersebut tak ubahnya. Para astronom biasa mengelompokkan spektrum diskret sebagai garis - garis emisi atau pancaran dan garis – garis.
Cahaya Pengetahuan adalah ungkapan yang sering digunakan, tetapi terutama cocok dalam referensi untuk spektroskopi. Sebagian besar dari apa yang kita ketahui tentang struktur atom dan molekul berasal dari mempelajari interaksi mereka dengan cahaya (radiasi elektromagnetik). Daerah yang berbeda dari spektrum elektromagnetik menyediakan berbagai jenis informasi sebagai hasil dari interaksi tersebut. Menyadari bahwa cahaya dapat dianggap memiliki karakteristik baik gelombang dan partikel-seperti-seperti, hal ini berguna untuk mempertimbangkan bahwa frekuensi tertentu atau panjang gelombang cahaya terkait dengan "kuanta cahaya" energi yang sekarang kita sebut foton. Seperti dicatat dalam persamaan berikut, frekuensi dan perubahan energi proporsional, tetapi panjang gelombang memiliki hubungan terbalik dengan jumlah tersebut.
Dalam rangka untuk "melihat" molekul, kita harus menggunakan cahaya memiliki panjang gelombang lebih kecil dari molekul itu sendiri (kira-kira 1 sampai 15 angstrom unit). Radiasi seperti ditemukan di wilayah X-ray dari spektrum, dan bidang kristalografi sinar-X menghasilkan gambar sangat rinci struktur molekul setuju untuk pemeriksaan. Faktor pembatas utama di sini adalah kebutuhan untuk kristal kualitas tinggi dari senyawa yang sedang dipelajari. Metode kristalografi sinar-X terlalu rumit untuk dijelaskan di sini, namun, sebagai instrumentasi otomatis dan penanganan data teknik meningkatkan, pasti akan terbukti menjadi prosedur pilihan untuk penentuan struktur. Pencirian Spektrum Frekuensi (Spektroskopi) Konsep dasar dari spektroskopi adalah penguraian (dekomposisi) suatu berkas sinyal/gelombang menjadi sebuah kumpulan/berkas sinyal-sinyal fundamentalnya (sinyal-sinyal harmoniknya) Misalkan: kebalikan darinprinsip superposisi !!!



Teknik-teknik spektroskopi dijelaskan dibawah tidak memberikan gambar tiga dimensi dari molekul, tetapi menghasilkan informasi tentang ciri-ciri tertentu. Sebuah ringkasan singkat dari informasi ini berikut:
       Spektrometri Massa: Sampel molekul terionisasi oleh elektron energi tinggi. Massa untuk mengisi rasio ion ini sangat akurat diukur dengan percepatan elektrostatik dan gangguan medan magnet, memberikan berat molekul yang tepat. Pola fragmentasi ion mungkin berhubungan dengan struktur dari ion molekuler.
       Ultraviolet-Visible Spektroskopi: Penyerapan cahaya ini relatif tinggi-energi menyebabkan eksitasi elektronik. Bagian mudah diakses dari daerah ini (panjang gelombang 200 sampai 800 nm) menunjukkan serapan hanya jika terkonjugasi pi-elektron sistem yang hadir.
       Spektroskopi Inframerah: Penyerapan radiasi energi yang lebih rendah menyebabkan eksitasi getaran dan rotasi kelompok atom. dalam molekul. Karena serapan karakteristik mereka identifikasi kelompok fungsional adalah mudah dicapai.
       Spektroskopi Nuklir Resonansi Magnetik: Penyerapan di bagian rendah energi radio frekuensi spektrum menyebabkan eksitasi negara spin nuklir. Spektrometer NMR disetel ke inti tertentu (misalnya 1 H, 13 C, 19 F & P 31). Untuk jenis tertentu nukleus, spektroskopi resolusi tinggi dan jumlah atom membedakan di lokasi yang berbeda dalam molekul.
Spektroskopi umumnya digunakan dalam kimia fisik dan 1"kimia analisis untuk mengidentifikasi suatu substansi melalui spektrum yang dipancarkan atau yang diserap. Alat untuk merekam spektrum disebut spektrometer. Spektroskopi juga digunakan secara intensif dalam astronomi dan penginderaan jarak jauh. Kebanyakan teleskop - teleskop besar mempunyai spektrograf yang digunakan untuk mengukur komposisi kimia dan atribut fisik lainnya dari suatu objek astronomi atau untuk mengukur kecepatan objek astronomi berdasarkan 1"pergeseran Doppler garis - garis spektral. Spektroskopi merupakan dekomposisi/ penguraian cahaya polikromatis menjadi cahaya monokromatis.
2.2 Macam - Macam Spektroskopi
Ada empat macam spektroskopi diantaranya :
         Spektroskopi emisi
Spektroskopi emisi menggunakan kisaran spektrum elektromagnetik di mana suatu zat memancar (memancarkan). Substansi pertama harus menyerap energi. Energi ini dapat berasal dari berbagai sumber, yang menentukan nama emisi berikutnya, seperti pendaran. Molekuler pendaran teknik meliputi spectrofluorimetry. Spektroskopi Emisi Atom. Pada metode ini atom-atom unsur dalam nyala api akan tereksitasi. Pada waktu atom-atom kembali ke tingkat dasar akan memancarkan radiasi elektromagnetik yang disebut radiasi emisi dimana energi radiasi emisi ini sama dengan energi radiasi eksitasi. Jadi sumber radiasi disini berasal dari sampel. Intensitas radiasi emisi ini kemudian dideteksi oleh detektor setelah melalui monokromator. Dalam hal ini konsentrasi unsur sebanding dengan intensitas radiasi, artinya terdapat hubungan linear antara intensitas radiasi dengan konsentrasi unsur.

         Spectroskopi absorbsi
spektroskopi absorpsi yaitu transmitansi, absorbansi dan absorptivitas. Spektroskopi absorbsi adalah teknik dimana kekuatan seberkas cahaya diukur sebelum dan sesudah melewati suatu materi yang pada teknik ini ada fenomena penyerapan cahaya. Istilah tersebut digunakan dalam spektroskopi UV-Vis, spektroskopi absorpsi atom dan spektroskopi IR. Transmitansi Apabila suatu berkas sinar radiasi dengan intensitas Io dilewatkan melalui suatu larutan dalam wadah transparan maka sebagian radiasi akan diserap sehingga intensitas radiasi yang diteruskan It menjadi lebih kecil dari Io. Transmitansi dengan simbol T dari larutan merupakan fraksi dari radiasi yang diteruskan atau ditansmisikan oleh larutan, yaitu : T = It/Io. Transmitansi biasanya dinyatakan dalam persen (%). Absorbansi Absorbansi dengan simbol A dari suatu larutan merupakan logaritm dari 1/T atau logaritma Io/It. A = log (1/T) = log (Io/It) = - log (T) Contoh : Bila A = 0 artinya radiasi diteruskan 100%, bila A = 1 artinya radiasi diteruskan 10%. Nama lain dari absorbansi adalah Optical Density (OD) Absortivitas dan Absortivitas Molar Absorbansi berbanding langsung dengan tebal larutan dan konsentrasi larutan (hukum Beer), yaitu : A = a b c dimana: A = absorbansi a = konstanta disebut absortivitas b = tebal larutan c = konsentrasi larutan, Jika konsentrasi c dinyatakan dalam mol/liter (Molar) dan tebal larutan dalam cm maka absortivitas ), sehingga A =disebut absortivitas molar (   b c Hukum Beer menyatakan bahwa absorbansi berbanding langsung dengan tebal larutan dan konsentrasi seperti telah dikemukakan sebelumnya. Rumus ini dapat dijelaskan sebagai berikut : Radiasi dengan intensitas Io yang dilewatkan bahan setebal b berisi sejumlah n partikel (atom, ion atau molekul) akan mengakibatkan intensitas berkurang menjadi It Io > It Berkurangnya intensitas radiasi tergantung dari luas penampang (S) yang menyerap partikel, dimana luas penampang ini sebanding dengan jumlah partikel (n). Sehingga: sehingga X Y I - dI b I t I o db Bila diintegralkan Luas penampang S dapat dinyatakan dalam volume V dan ketebalan b : sehingga : atau
n/V menunjukkan banyaknya partikel/cm3, jadi besaran ini dapat dikonversi ke dalam konsentrasi dalam mol/l,
         NMR Spektroskopi
Spektroskopi resonansi magnetik nuklir, yang paling umum dikenal sebagai spektroskopi NMR, adalah nama yang diberikan kepada teknik yang mengeksploitasi sifat magnetik inti tertentu. Ketika ditempatkan dalam medan magnet, NMR inti aktif (seperti 1 H atau 13 C) menyerap frekuensi karakteristik dari isotop. Frekuensi resonansi, penyerapan energi dan intensitas sinyal sebanding dengan kekuatan medan magnet. Sebagai contoh, dalam 21 tesla medan magnet, proton beresonansi pada frekuensi 900 MHz. Hal ini umum untuk mengacu ke 21 T magnet sebagai 900 MHz magnet, meskipun inti berbeda beresonansi pada frekuensi yang berbeda di bidang ini kekuatan. Dalam medan magnet bumi inti yang sama beresonansi pada frekuensi audio. Efek ini digunakan di lapangan Bumi NMR spektrometer dan instrumen lainnya. Karena instrumen ini portabel dan murah, mereka sering digunakan untuk mengajar dan studi lapangan.
         Spektroskopi Infra Merah
Spektroskopi inframerah merupakan salah satu alat yang banyak dipakai untuk mengidentifikasi senyawa, baik alami maupun buatan. Dalam bidang fisika bahan, seperti bahan-bahan polimer, inframerah juga dipakai untuk mengkarakterisasi sampel. Suatu kendala yang menyulitkan dalam mengidentifikasi senyawa dengan inframerah adalah tidak adanya aturan yang baku untuk melakukan interpretasi spektrum. Karena kompleksnya interaksi dalam vibrasi molekul dalam suatu senyawa dan efek-efek eksternal yang sulit dikontrol seringkali prediksi teoretik tidak lagi sesuai. Pengetahuan dalam hal ini sebagian besar diperoleh secara empiris dan pengalaman. Spektroskopi inframerah dekat (IMD) didasarkan pada efek overtone molekul dan getaran kombinasi. Transisi dua efek ini “terlarang” dalam aturan larangan pada mekanika kuantum. Sebagai hasilnya, absorptivitas molar pada wilayah inframerah dekat cukup kecil. Teknik ini memiliki keuntungan karena IMD secara umum dapat jauh menembus sampel daripada radiasi “inframerah sedang”. Teknik ini dikenal kurang sensitif, tetapi sangat berguna dalam pengujian material “mentah” (belum diolah), tanpa atau hanya sedikit persiapan sebelumnya. Dalam praktek, NIRS seringkali dikalibrasi dengan teknik lain yang lebih sensitif untuk mendapatkan hubungan antara hasil kedua teknik itu. Spektrum yang dihasilkan overtone molekul dan getaran kombinasi di bagian IMD umumnya sangat lebar, sehingga terbentuk spektrum-spekrum yang rumit. Ini menyulitkan penentuan komponen kimiawi yang spesifik. Teknik-teknik kalibrasi statistika multivariat (seperti analisis komponen utama atau kuadrat terkecil parsial) sering dipakai untuk memberikan informasi tentang kandungan kimiawi yang diinginkan. Spektroskopi (Gelombang) Inframerah-Dekat (Inggris: Near-infrared Spectroscopy, biasa dikenal dengan singkatannya: NIRS) merupakan satu teknik spektroskopi yang menggunakan wilayah panjang gelombang inframerah pada spektrum elektromagnetik (sekitar 800 sampai 2500 nm). Dikatakan “inframerah dekat” (IMD) karena wilayah ini berada di dekat wilayah gelombang merah yang tampak. Penggunaan teknik (dan alat) ini umum di bidang farmasetika, diagnostik medis, ilmu pangan dan agrokimia (terutama yang terkait dengan pengujian kualitas), riset mesin bakar, serta spektroskopi dalam astronomi.NIRS umum dipakai dalam diagnostik medis, terutama dalam pengukuran kadar oksigen darah, atau juga kadar gula darah. Meskipun bukan teknik yang sangat sensitif, NIRS “tidak menakutkan” pasien/subjek karena tidak memerlukan pengambilan sampel (non-invasif) dan dilakukan langsung dengan menempelkan sensor di permukaan kulit.
2.3 Jenis – Jenis Strestoskopi
         Penyerapan
Spektroskopi absorpsi adalah teknik di mana kekuatan sinar cahaya diukur sebelum dan sesudah interaksi dengan sampel dibandingkan. Teknik penyerapan spesifik cenderung disebut oleh panjang gelombang radiasi diukur seperti ultraviolet, inframerah atau spektroskopi penyerapan microwave. Penyerapan terjadi ketika energi dari foton sesuai dengan perbedaan energi antara dua negara material.
         Fluoresensi
Fluoresensi spektroskopi menggunakan foton energi yang lebih tinggi untuk merangsang sampel, yang kemudian akan memancarkan foton energi yang lebih rendah. Teknik ini telah menjadi populer untuk aplikasi biokimia dan medis, dan dapat digunakan untuk mikroskopi confocal, transfer energi resonansi fluoresensi, dan pencitraan fluoresensi seumur hidup. Spektroskopi Fluoresensi Atom. Pada metode ini seperti pada spektroskopi absorpsi atom untuk membentuk partikel-partikel atom diperlukan nyala api. Energi radiasi yang diserap oleh partikel atom akan dipancarkan kembali ke segala arah sebagai radiasi fluoresensi dengan panjang gelombang yang karakteristik. Sumber radiasi ditempatkan tegak lurus terhadap nyala api sehingga hanya radiasi fluoresensi yang dideteksi oleh detektor setelah melalui monokromator. Intensitas radiasi fluoresensi ini berbanding lurus dengan konsentrasi unsur.

         Sinar X
Ketika X-ray dari frekuensi yang cukup (energi) berinteraksi dengan zat, elektron shell batin dalam atom sangat antusias untuk orbital kosong luar, atau mereka mungkin dihapus sepenuhnya, ionisasi atom. Shell "lubang" dalam kemudian akan diisi oleh elektron dari orbital terluar. Energi yang tersedia dalam proses de-eksitasi dipancarkan sebagai radiasi (fluoresensi) atau akan menghapus lain yang kurang-terikat elektron dari atom (Auger effect). Frekuensi absorpsi atau emisi (energi) merupakan karakteristik dari atom tertentu. Selain itu, untuk suatu atom tertentu, kecil frekuensi (energi) variasi yang merupakan ciri khas dari ikatan kimia terjadi. Dengan alat yang cocok, ini karakteristik sinar-X atau elektron Auger frekuensi energi dapat diukur. X-ray spektroskopi penyerapan dan emisi yang digunakan dalam ilmu kimia dan material untuk menentukan komposisi unsur dan ikatan kimia.
X-ray kristalografi adalah proses hamburan; kristal bahan pencar sinar-X pada sudut didefinisikan dengan baik. Jika panjang gelombang insiden sinar-X yang diketahui, ini memungkinkan perhitungan jarak antara pesawat dari atom-atom dalam kristal. Intensitas dari sinar-X yang tersebar memberikan informasi tentang posisi atom dan memungkinkan susunan atom-atom dalam struktur kristal harus dihitung. Namun, cahaya sinar-X kemudian tidak tersebar sesuai dengan panjang gelombang, yang ditetapkan pada nilai yang diberikan, dan difraksi sinar-X demikian bukanlah sebuah spektroskopi.
         Api
Sampel larutan cair yang disedot menjadi sebuah kombinasi burner atau nebulizer / burner, desolvated, dikabutkan, dan kadang-kadang bersemangat ke keadaan energi yang lebih tinggi elektronik. Penggunaan api selama analisis memerlukan bahan bakar dan oksidan, biasanya dalam bentuk gas. Bahan bakar gas umum digunakan adalah asetilena (ethyne) atau hidrogen. Gas oksidan umum digunakan adalah oksigen, udara, atau nitrous oksida. Metode ini seringkali mampu menganalisis analit unsur logam di bagian per juta,, miliar atau rentang konsentrasi yang mungkin lebih rendah. Detektor cahaya yang diperlukan untuk mendeteksi cahaya dengan analisis informasi yang datang dari nyala api.





BAB III
Kesimpulan

            spektroskopi yaitu ilmu yang mempelajari materi dan atributnya berdasarkan cahaya, suara atau partikel yang dipancarkan, diserap atau dipantulkan oleh materi tersebut.Serta spektrum kontinu (meliputi energi pada seluruh panjang gelombang) dan spektrum diskret (meliputi energi hanya pada panjang gelombang tertentu). Pada kimia organik, metoda spektroskopi digunakan untuk menentukan dan mengkonfirmasi struktur molekul, untuk memantau reaksi dan untuk mengetahui kemurnian suatu senyawa. Metoda yang paling penting untuk kimia organik adalah spektroskopi resonansi magetik inti: spektroskopi 1H dan 13C NMR, spektrometri massa, inframerah dan spektroskopi UV/Vis. Dengan demikian masih banyak Spektroskopi yang baru yang lebih canggih lagi dalam penggunaannya dibanding sebelum-sebelumnya.


                    Kritik dan Saran
Demikianlah makalah yang berisi tentang Agama Yang Di Akui Di Indonesia ini kami susun dengan sebaik mungkin semoga pembahasan materi diatas dapat menambah pengetahuan bagi pembaca dan mempelajarinya, Amin ya robal alamin. Kami menerima kritik dan saran yang membangun agar pembahasan kami mengenai Agama Yang Di Akui Di Indonesia ini menjadi lebih baik lagi.







Tidak ada komentar: